RSS

Kasus 6 : Sistem Informasi di Pondok Pesantren

09 Des

Sehubungan dengan awal tahun ajaran, Ustadz Ilyas mengadakan rapat koordinasi dengan semua pengurs pesantren, termasuk anda sebagai Kepala Bidang Informasi. Sebagai Kepala Bidang Informasi anda mempunyai tugas untuk menyelenggarakan dan menjamin operasional sistem informasi yang ada di pondok pesantren tersebut. Kebetulan baru saja manajemen pondok pesantren melakukan reformasi pengurus berikut dengan struktur organisasinya. Berikut ini struktur organisasi yang baru.

Dewan pengasuh bertugas untuk :

  • Menetapkan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan yang diberlakukan pada pondok pesantren.
  • Mengawasi jalannya manajemen pondok pesantren

Ketua pengurus harian bertugas untuk :

  • Melaksanakan kebijakan-kebijakan dari dewan pengasuh
  • Memimpin jalannya manajemen pondok pesantren
  • Bertanggung jawab kepada dewan pengasuh

Sekretaris bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi administrasi di dalam pondok pesantren
  • Menyusun program kerja secara global
  • Mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan pengurus
  • Membuat laporan manajemen secara berkala
  • Bertanggung jawab kepada ketua pengurus harian

Bendahara bertugas untuk :

  • Mengelola keuangan pondok pesantren
  • Mengadministrasikan pemasukan dan pengeluaran keuangan pondok pesantren
  • Membuat laporan keuangan secara berkala
  • Bertanggung jawab kepada ketua pengurus harian

Bidang Administrasi Umum dan Kepegawaian bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi bidang administrasi umum, inventaris dan fasilitas, dan kepegawaian
  • Menyusun program kerja sesuai dengan bidangnya
  • Bertanggung jawab kepada ketua pengurus harian

Bidang Informasi bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi bidang teknologi informasi
  • Menyusun program kerja sesuai dengan bidangnya
  • Memenuhi kebutuhan informasi bagi seluruh komponen organisasi
  • Menyelenggarakan dan menjamin opersaional sistem informasi yang ada di pondok pesantren.
  • Bertanggung jawab kepada ketua pengurus harian

Bidang Usaha bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi bidang-bidang usaha yang diselenggarakan oleh pondok pesantren
  • Membuat laporan kegiatan usaha secara berkala
  • Bertanggung jawab kepada ketua pengurus harian

Bidang Pendidikan bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi penyelenggaraan pendidikan
  • Menyusun program kerja sesuai dengan bidangnya
  • Bertanggung jawab kepada ketua pengurus harian.

Bidang Kepesantrenan bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi bidang kepesantrenan
  • Menyusun program kerja sesuai dengan bidangnya
  • Bertanggung jawab kepada ketua pengurus harian

Bagian Administrasi Umum bertugas untuk :

  • Membuat, mengarsipkan, dan mendistribusikan surat-surat resmi
  • Melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat
  • Menerima tamu pesantren

Bagian Kepegawaian bertugas untuk :

  • Memproses kenaikan pangkat pegawai
  • Mengusulkan penggajian pegawai kepada bendahara
  • Mengelola presensi pegawai
  • Mengelola sumber daya manusia
  • Mengadministrasikan sumber daya manusia

Bagian Fasilitas dan Inventaris bertugas untuk :

  • Mendistribusikan fasilitas dan inventaris
  • Mengkoordinasi pengusulan pengadaan fasilitas dan inventaris
  • Melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas dan inventaris
  • Melakukan pemusnahan terhadap fasilitas dan inventaris
  • Mengelola fasilitas dan inventaris
  • Mengadministrasikan fasilitas dan inventaris

Bagian Pendidikan Non Formal bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi lembaga-lembaga pendidikan non formal
  • Mengkoordinasi dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pendidikan non formal
  • Mengadministrasikan kegiatan-kegiatan di setiap lembaga pendidikan non formal

Bagian Pendidikan Agama bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi lembaga-lembaga pendidikan agama
  • Mengadministrasikan kegiatan-kegiatan di setiap lembaga pendidikan agama

Bagian Pendidikan Umum bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi lembaga-lembaga pendidikan umum
  • Mengadministrasikan kegiatan-kegiatan di setiap lembaga pendidikan umum

Bagian Perpustakaan bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi perpustakaan-perpustakaan yang ada di lingkungan pesantren
  • Mengadministrasikan koleksi, dan sirkulasi koleksi pustaka.

Bagian Laboratorium bertugas untuk :

  • Mengkoordinasi laboratorium-labroatorium yang ada di lingkungan pesantren
  • Mengadministrasikan kegiatan-kegiatan di laboratorium

Bagian Asrama bertugas untuk :

  • Menyelenggarakan penerimaan santri baru
  • Mengadministrasikan santri
  • Mengkoordinasi kegiatan-kegiatan santri
  • Mengkoordinasi asrama-asrama yang ada di lingkungan pesantren

Bagian Kamtib bertugas untuk :

  • Menjamin keamanan dan ketertiban di lingkungan pesantren
  • Menindaklanjuti pelanggaran keamanan dan ketertiban
  • Menyelenggarakan persidangan dan penghukuman bagi santri yang melanggar peraturan
  • Mengadministrasikan kegiatan-kegiatan di bagian Kamtib

Bagian Kesehatan dan Kebersihan berugas untuk :

  • Menjamin kesehatan dan kebersihan di lingkungan pesantren
  • Mengadministrasikan kegiatan-kegiatan di bidang kesehatan dan kebersihan.

Tugas anda :

  1. Identifikasikan sistem informasi apa saja yang harus ada di pondok pesantren
  2. Data apa saja yang dibutuhkan untuk setiap sistem informasi
  3. Laporan-laporan apa saja yang dapat dihasilkan oleh setiap sistem informasi.
 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: