RSS

Kasus 5 : Sistem Manajemen Database

08 Des

Anda bekerja sebagai kepala puskom di Pondok Pesantren yang dipimpin oleh Ustadz Ilyas. Pondok pesantren tersebut sedang berkembang cepat dan memiliki banyak cabang di berbagai kota. Suatu hari anda dipanggil oleh Ustadz Ilyas untuk membahas tentang perkembangan pondok pesantren yang semakin pesat dan memerlukan teknologi database untuk mengelola datanya.
Ustadz Ilyas : Saya memanggil anda kemari untuk membahas tentang perkembangan pondok pesantren yang semakin pesat. Jumlah santri baru dari tahun ke tahun semakin banyak, dan kegiatan-kegiatan belajar mengajar santri juga semakin banyak dan harus terkendali. Masalahnya sekarang adalah dengan semakin banyaknya jumlah santri dan kegiatan belajar mengajar yang terselenggara menjadikan kesulitan tersendiri dalam pengendalian kegiatan-kegiatan tersebut. Selain itu saya juga merasa kesulitan dalam memperkirakan jumlah guru, jumlah ruangan kelas, dan peralatan-peralatan belajar mengajar lainnya. Masalah penjadwalan juga merupakan masalah yang selalu menjadi konflik diantara para guru dan santri dalam setiap semester. Belum lagi ketika pondok pesantren memerlukan dana untuk pembangunan gedung-gedung baru dan pembelian peralatan-peralatan baru, kami merasa kesulitan untuk mencari wali santri yang berpotensi untuk menjadi donatur, dan masih banyak lagi masalah yang lain. Saya pernah membaca suatu artikel di majalah teknologi informasi yang menyatakan bahwa untuk mendapatkan informasi yang akurat kita harus menggunakan database, dan teknologi database sekarang sudah sangat canggih baik dalam hal sistem pengelolaan databasenya maupun dalam hal metode pengolahan datanya. Ada beberapa pilihan sistem pengelolaan database yang dapat kita gunakan. Selain itu juga metode pengolahan data juga sudah banyak berkembang dan banyak diterapkan di berbagai organisasi, seperti sistem pengelolaan database terdistribusi, data warehouse, data mining, OLAP (On Line Analytical Processing). Sayang sekali artikel itu begitu singkat dalam memberikan penjelasan. Oleh karena itu saya minta anda untuk memberikan penjelasan yang lebih detil tentang teknologi database tersebut. Selain itu saya juga minta anda untuk merencanakan suatu database yang dapat kita gunakan untuk mencatat para santri dan kegiatan-kegiatan belajar mengajarnya, kemudian informasi apa yang dapat saya peroleh dari database yang anda rancang tersebut beserta keterangan-keterangan pendukung lainnya.
Tugas anda :

  1. Buatlah laporan kepada Ustadz Ilyas tentang berbagai teknologi database, baik itu alatnya maupun metode-metodenya seperti yang telah disebutkan di atas.
  2. Identifikasikan orang-orang yang diperlukan dalam merancang, membuat, dan mengelola database tersebut. Identifikasikan juga apa yang dapat mereka perbuat dengan database tersebut.
  3. Identifikasikan data-data dan informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut, kemudian buatkan skema databasenya.
  4. Buatlah alternatif-alternatif rencana pengembangan database tersebut dengan menggunakan berbagai teknologi dan metode yang ada, sebutkan juga kelebihan dan kekurangannya.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 Desember 2010 in AMIK Ibrahimy, Sistem Informasi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: