RSS

Kasus 4 : Badan Usaha Milik Pesantren (Toko Buku)

24 Nov

Anda bekerja di Badan Usaha Milik Pesantren yang bergerak dalam bidang toko buku dan alat tulis. Suatu hari anda diminta oleh Ustadz Ilyas, pengasuh pesantren untuk mengunjungi toko tersebut untuk mengenal kegiatan di toko tersebut.
Anda tiba di toko tersebut jam 9 pagi. Banyak orang yang berbelanja di toko tersebut. Mereka adalah santri pesantren dan juga masyarakat umum di sekitar pesantren. Kemudian anda masuk ke dalam toko tersebut, dan anda melihat bahwa toko tersebut tidak terlalu besar dengan 4 kasir, tapi hanya 1 yang buka dengan antrian yang panjang.
Anda mengamati kegiatan itu sebentar kemudian pergi ke gudang. Saat itu tiga orang petugas gudang sedang membuka kotak-kotak. Anda mendengar salah seorang berkata, “sudah kamu temukan ?” Karena ingin tahu, anda memperkenalkan diri dan menanyakan apa yang sedang mereka cari. Salah seorang petugas itu memberitahu anda bahwa toko ini memiliki kekhususan kitab-kitab terbitan negara-negara Timur Tengah, tetapi kehabisan stok salah satu judul kitab di mana kitab tersebut menjadi kitab wajib bagi santri yang belajar di pesantren tersebut. Perusahaan ekspedisi yang mengirimkan kitab-kitab tersebut sedang ada masalah internal sehingga pengirimannya mengalami keterlambatan. Habisnya kitab tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya antrian yang panjang; petugas kasir harus memberikan kupon yang menandakan pembeli telah memesan kitab tersebut. Anda dapat mengerti mengapa para petugas gudang sangat kesulitan; gudangnya benar-benar berantakan. karton-karton ditumpuk di mana-mana tanpa suatu aturan tertentu.
Anda menanyakan letak komputer toko tersebut, dan diantarkan ke suatu ruang kecil di pojok. Anda berpikiran di sinilah otomasi sedang bekerja.
Setelah melihat operasi di belakang, anda kembali ke depan untuk memeriksa kantor. Di sana masih terdapat antrian yang panjang. Saat anda mencapai kepala antrian, anda terkejut melihat bahwa kasir sebenarnya adalah manajer toko. Ia meminta anda untuk kembali saat ia memiliki waktu. Ia menjelaskan bahwa ia terpaksa memberhentikan banyak orang untuk tetap dalam anggaran yang ditetapkan kantor pusat. Dari cara ia memberikan penjelasan anda dapat melihat bahwa ia tidak senang dengan seluruh situasi tersebut. Anda memutuskan untuk tidak tetap tinggal. Anda pamit dan kembali ke kantor anda untuk menulis laporan selagi semuanya masih teringat jelas.
Tugas anda : Siapkan memo untuk Ustadz Ilyas, pengasuh pesantren. Pertama, daftarkan masalah sistem fisik toko buku tersebut. Untuk tiap masalah, identifikasikan tindakan perbaikan yang mungkin. Kemudian lakukan hal yang sama untuk sistem konseptual.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 November 2010 in AMIK Ibrahimy, Sistem Informasi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: