RSS

Kasus 3 : Badan Usaha Milik Pesantren (Konveksi)

23 Okt

Anda adalah seorang spesialis informasi yang mendapatkan jabatan manajer EDI (Electronic Data Interchange) di sebuah BUMP (Badan Usaha Milik Pesantren) yang begerak di bidang konveksi pakaian jadi. BUMP tersebut telah mencoba perdagangan melalui jaringan elektronik dan memutuskan untuk terjun sepenuhnya. Anda direkrut untuk memasang sistem tersebut.

Segalanya berjalan lancar, dan anda tahu membuat keputusan yang tepat ketika anda memilih internet untuk pertukaran data. Andalah yang memiliki ide untuk menempatkan home page di internet dan mengaitkannya dengan berbagai home page untuk e-commerce dan EDI. Tanggapannya luar biasa, home page BUMP dikunjungi lebih dari 200 kali per hari.

Anda sedang berada di meja anda di kantor pusat BUMP ketika telepon berdering. Ustadz Ilyas, pengasuh pondok pesantren menelepon. Ustadz Ilyas memberitahukan bahwa beberapa eksekutif ingin memperluas jaringan EDI dan ingin agar anda menemui mereka. Anda segera bangkit dan waktu rapat ditetapkan.

Ustadz Ilyas : Terima kasih untuk semua yang datang. Mari kita langsung ke pokok pembahasan. Sistem EDI kita telah sangat berhasil. Mungkin kita harus membiarkannya, tetapi sebagian dari anda tertarik untuk membuat kaitan melampaui apa yang kita miliki – perusahaan-perusahaan yang menjual produk ke kita dan perusahaan-perusahaan yang membeli produk dari kita. Ustadzah Husna (kepala bagian keuangan), anda pernah mengatakan pada saya bahwa anda ingin menggunakan jaringan elektronik untuk menyediakan informasi keuangan ke bank-bank ketika kita memohon pinjaman. Ustadz Fahri (kepala bagian kepegawaian) Anda mengatakan minat yang sama untuk bertukar informasi dengan kantor-kantor penempatan tenaga kerja dan pusat-pusat penempatan kerja di sekolah-sekolah kejuruan. Kita dapat memberitahukan kepada mereka apa yang kita inginkan dan mereka dapat memberitahu apa yang mereka punyai. Ustadz Ahmad (kepala pusat komputer), saya tahu bahwa anda mempunyai hubungan yang serupa dengan penjual perangkat keras dan perangkat lunak. Anda dapat mengirimkan permintaan untuk penawaran harga dan mereka dapat menjawab dengan usulan. Kita bahkan mungkin memperluas jangkauan pelanggan kita dengan menyertakan perorangan yang membeli produk untuk keperluan sendiri. Dan kita mungkin dapat bertindak lebih banyak dengan saluran pemerintah, memperoleh indikator ekonomis dan statistik bisnis serta menyertakan laporan-laporan kita kepada pemerintah secara elektronik. Mungkin panyak relasi baru lain yang dapat kita buat. Adakah di antara anda yang memikirkan cara-cara lain agar kita dapat memperluas jaringan EDI ?

Ustadz Ilyas : Jadi, meurut anda bagaimana kita harus bergerak ? Saya rasa kita tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Saya sarankan kita mengidentifikasi satu area dan berkonsentrasi padanya. (Ustadz Ilyas melihat kepada anda) Ustadz, pilihlah salah satu kaitan yang telah kita bahas. Pilihlah satu yang anda rasa perlu terapkan. Tulislah suatu laporan singkat yang menjelaskan :

  1. Mengapa anda memilih aplikasi tersebut
  2. Data dan informasi apa yang akan ditransmisikan bolak-balik
  3. Apa manfaatnya bagi badan usaha ini

Dapatkah anda melakukannya ?

Anda mengangguk dan mengatakan itu mudah. Tiap orang mulai bergerak di tempat duduknya, lega bahwa mereka tidak perlu melakukan pekerjaan apapun dan mengharapkan rapat itu segera selesai.

Ustadz Ilyas : Baik, jadi demikian. Segera setelah saya menerima laporan, kita dapat bertemu dan membahasnya.

Tugas anda : Pilihlah salah satu hubungan EDI yang diidentifikasi dalam rapat tersebut. Pilih salah satu yang anda yakin akan paling bermanfaat bagi badan usaha tersebut dan paling layak untuk diterapkan. Laporan anda harus membahas tiga pokok yang ditetapkan oleh Ustadz Ilyas. Buat laporan itu pendek dan ringkas, tetapi sertakan dukungan yang kuat untuk argumen anda.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 Oktober 2010 in AMIK Ibrahimy, Sistem Informasi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: