RSS

Kasus 2 : Shu University

21 Okt

Shu University adalah universitas yang berpusat di kota Cheng Du. Universitas ini beroperasi di seluruh negeri Cina Raya. Prof. Dr. Liu Bei adalah rektor Shu University, dan baru-baru ini memutuskan untuk menerapkan SPIR (Strategic Planning for Information Resources). Shu University memiliki operasi komputer mainframe yang besar tetapi tidak pernah memiliki suatu rencana informasi strategis. Prof. Dr. Liu Bei mengirimkan e-mail kepada anggota komite eksekutif lain, memberitahukan kepada mereka mengenai maksudnya, dan menanyakan pendapat mereka. Dia telah menerima jawaban dari 3 anggota, yaitu : Prof. Dr. Zhuge Liang, pembantu rektor bidang akademik; Dr. Ma Liang, pembantu rektor bidang administrasi umum dan keuangan; dan Dr. Jiang Wei kepala pusat komputer. Rektor Prof. Dr. Liu Bei membaca jawaban-jawaban e-mail tersebut.

Dari Prof. Dr. Zhuge Liang : Saya telah banyak memikirkan SPIR sejak kita mendiskusikannya dalam pertemuan komite eksekutif terakhir. Saya ingin bagian akademik mengembangkan rencana strategis kami sendiri, terlepas dari semua bagian organisasi yang lain termasuk pusat komputer. Kami memiliki sejumlah besar peralatan komputer yang kami gunakan untuk aplikasi kami sendiri, dan kami harus memiliki kebebasan untuk merencanakan bagaimana peralatan tersebut, dan peralatan tambahannya, akan digunakan di masa yang akan datang. Biarkan Dr. Ma Liang dan Dr. Jiang Wei melakukan hal yang sama yaitu mengembangkan rencana strategis mereka sendiri sesuai keinginan mereka.

Dari Dr. Ma Liang : Terima kasih atas kesempatan untuk mengungkapkan pendapat saya. Saya pikir semua anggota komite harus bekerja sama dalam mengembangkan satu rencana strategis. Kita memiliki hubungan kerja yang baik dan bekerja sama dalam banyak aktifitas lain. Tidak ada alasan untuk menganggap bahwa suatu pendekatan SPIR bersama tidak akan berhasil.

Dari Dr. Jiang Wei : Pusat komputer harus menyiapkan rencana sumber daya informasi startegis untuk seluruh Shu University. Prof Dr. Zhuge Liang, Dr. Ma Liang dan rekan-rekan yang lain telah memiliki tanggung jawab dalam area mereka sehingga mereka tidak perlu diminta untuk mencurahkan waktu mereka yang berharga bagi permasalahan pusat komputer. Berikan pusat komputer seluruh tanggung jawab perencanaan strategis.

Tugas anda : Anggaplah anda seorang konsultan, dan Prof. Dr. Liu Bei telah meminta anda untuk memberikan saran padanya mengenai pendekatan SPIR. Buatlah sebuah memo kepadanya yang mencakup :

  • Keuntungan dan kerugian dari setiap pendekatan tersebut.
  • Rekomendasikan pendekatan yang anda yakin harus diterapkan. Jelaskan secara ringkas alasan anda memilih pendekatan tersebut.
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Oktober 2010 in AMIK Ibrahimy, Sistem Informasi

 

Tag: , ,

One response to “Kasus 2 : Shu University

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: