RSS

Aplikasi Enterprise Information System Pada Pondok Pesantren

11 Agu

Pondok pesantren adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan Agama Islam. Seperti organisasi-organisasi yang lain, pondok pesantren juga mempunyai struktur organisasi untuk mencapai visi dan misinya. Struktur organisasi pondok pesantren juga bertingkat-tingkat, di mana pondok pesantren dipimpin oleh seorang pengasuh, yang dibantu oleh pejabat-pejabat dan staf-staf yang ada dalam struktur organisasi kepengurusan pondok pesantren.
Sebagaimana organisasi bisnis lainnya, dalam organisasi pondok pesantren juga dapat diterapkan sebuah Enterprise Information System. Enterprise Information System adalah sebuah konsep sistem informasi yang terintegrasi dari semua bagian dalam suatu organisasi menjadi satu kesatuan, sehingga dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.
Enterprise Information System menyediakan teknologi yang memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan proses bisnisnya. Enterprise Information System juga menyediakan sebuah sistem tunggal yang terpusat pada organisasi dan memastikan bahwa informasi dapat dapat dibagi pakai disemua tingkat fungsional dan hirarki manajemen. Tingkatan-tingkatan tersebut diwujudkan dalam bentuk Sistem Pemrosesan Transaksi, Sistem Informasi Manajemen, dan Sistem Informasi Eksekutif. Beberapa sistem informasi yang telah disebutkan adalah sistem informasi yang digunakan untuk melayani kepentingan internal organisasi, sedangkan untuk berinteraksi dengan pihak-pihak di luar organisasi dapat menggunakan Supply Chain Management, dan Customer Relationship Management.
Sistem Pemrosesan Transaksi adalah : sistem informasi yang menangani masalah-masalah pemrosesan transaksi. Transaksi yang dimaksud di sini adalah pertukaran data dan informasi antara user dengan sistem. Dalam sistem pemrosesan transaksi hanya ada entri data dan view dari data-data yang sudah dimasukkan. Sistem informasi ini digunakan oleh para staf administrasi untuk meng-entrykan data-data ke dalam sistem informasi.
Sistem Informasi Manajemen adalah : sistem informasi yang mengolah data-data yang sudah tersimpan dalam database menjadi informasi yang dibutuhkan oleh manajemen. Informasi ini diwujudkan dalam bentuk laporan-laporan dalam format-format yang telah ditentukan. Sistem informasi ini digunakan oleh para kepala sub bagian dan kepala bagian untuk dapat mengetahui situasi dan kondisi dari sub bagian dan bagian yang dipimpinnya.
Sistem Informasi Eksekutif adalah : sistem informasi yang buat khusus untuk eksekutif, dalam hal ini kepala bidang, rektor, direktur akademi, kepala sekolah, dan dewan pengasuh. Sistem informasi eksekutif digunakan untuk mendapatkan informasi kinerja manajemen secara umum, dan eksekutif dapat memperoleh informasi yang lebih detil dengan mengakses sistem informasi manajemen.
Supply Chain Management adalah : koordinasi yang sistematis dan strategis dari fungsi bisnis tradisional dalam suatu perusahaan dan lintas bisnis dalam supply chain untuk meningkatkan kinerja jangka panjang dari perusahaan dan supply chain secara keseluruhan. Penerapan SCM dalam pondok pesantren dapat diwujudkan dalam bentuk sistem informasi lelang pengadaan barang dan jasa.
Customer Relationship Management adalah : sebuah proses yang kompleks dengan menggunakan media teknologi informasi yang berfokus pada penciptaan pertukaran dua arah dengan para pelanggan sehingga perusahaan mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang kebutuhan, keinginan, dan pola pembelian mereka. Penerapan CRM dalam pondok pesantren dapat diwujudkan dalam bentuk sistem informasi alumni beserta evaluasi kinerja alumni.

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: