RSS

Tinjauan Umum Pondok Pesantren

07 Jun

Pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berasrama, dimana para pelajar (disebut sebagai santri) belajar di sini, sekaligus tinggal di asrama yang disediakan oleh pondok pesantren. Pondok pesantren dipimpin oleh seorang atau lebih kiyai. Untuk mengatur kehidupan pondok pesantren, kyai menunjuk seorang santri senior untuk mengatur adik-adik kelasnya, mereka biasanya disebut Lurah Pondok.

Pendidikan di dalam pesantren bertujuan untuk memperdalam pengetahuan tentang al-Quran dan Sunnah Rasul, dengan mempelajari bahasa Arab dan kaidah-kaidah tata bahasa-bahasa Arab. Namun pada perkembangannya pendidikan yang disediakan dalam pondok pesantren menjadi beraneka ragam. Selain pendidikan agama, pondok pesantren juga menyelenggarakan pendidikan umum mulai dari tingkat Taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Seiring dengan perkembangan suatu pondok pesantren, maka semakin banyak juga hal-hal yang harus diurus oleh pondok pesantren tersebut. Hal-hal yang perlu diurus tersebut diantaranya adalah administrasi santri, lembaga-lembaga pendidikan, juga bidang-bidang usaha dari pondok pesantren, dan masih banyak lagi hal-hal yang lain  sehingga untuk mengurusnya perlu dibentuk suatu organisasi kepengurusan pondok pesantren.

Organisasi kepengurusan pondok pesantren dibentuk dalam suatu struktur organisasi, dimana dalam struktur organisasi tersebut terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai tugas masing-masing. Tugas-tugas tersebut dicantumkan dalam suatu deskripsi tugas atau job description. Deskripsi tugas yang ditugaskan merupakan penjabaran dari visi dan misi dari suatu pondok pesantren.

Setiap deskripsi tugas yang dibebankan kepada setiap bagian dalam organisasi kepengurusan pondok pesantren sebagian besar memerlukan administrasi agar pelaksanaan tugas tersebut menjadi tertib dan terkendali. Pelaksanaan administrasi pada setiap bagian dapat dibantu dengan adanya suatu sistem informasi. Sistem informasi tersebut digunakan untuk mendukung dan membantu proses-proses administrasi dalam organisasi kepengurusan pondok pesantren, sehingga perkembangan pondok pesantren dapat dipantau oleh pengasuh pondok pesantren secara keseluruhan. Sistem informasi yang diaplikasikan dalam organisasi ini mengikuti konsep Enterprise Information System.

Dalam konsep Enterprise Information System pondok pesantren dikiaskan sebagai suatu perusahaan dengan berbagai proses-proses bisnisnya.

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: