RSS

Aplikasi manajemen kinerja bisnis dalam suatu organisasi

15 Mar

Manajemen kinerja bisnis terdiri atas sekumpulan proses manajemen dan analitik yang didukung oleh teknologi yang memungkinkan bisnis untuk mendefinisikan tujuan strategis, kemudian mengukur, dan mengelola kinerja menuju tujuan yang ingin dicapai. Inti dari proses manajemen kinerja bisnis meliputi perencanaan operasional dan finansial, konsolidasi dan pelaporan, pemodelan bisnis, analisis, dan pemantauan indikator kinerja kunci (key performance indicator) yang berhubungan dengan strategi.
Manajemen kinerja bisnis meliputi konsolidasi data dari berbagai sumber, memilah, dan menganalisis data, kemudian menggunakan hasilnya dalam praktek.
Manajemen kinerja bisnis meningkatkan proses dengan loop umpan balik yang lebih baik. Review yang kontinyu dan real-time dapat membantu mengidentifikasi dan menghilangkan masalah sebelum berkembang. Kemampuan peramalan manajemen kinerja bisnis membantu perusahaan dalam mengambil tindakan korektif secara tepat waktu untuk memenuhi proyeksi pendapatan.
Ada berbagai metodologi untuk mengimplementasikan manajemen kinerja bisnis, diantaranya adalah balanced score card, strategi six sigma, pembiayaan berbasis aktifitas, Total Quality Management, penamabahan nilai ekonomi, dan pengukuran startegis terpadu. Semua metodologi tersebut digunakan dalam kerangka kerja perencanaan dan pelaksanaan, strategi dan taktik, tujuan unit bisnis dan perusahaan.
Aplikasi manajemen kinerja bisnis dalam suatu organisasi adalah dengan memantau setiap kegiatan bisnis hingga pada tingkatan transaksi, kemudian menyediakan fasilitas untuk mitra bisnis dapat memberikan umpan balik tentang kinerja bisnis yang dilakukan. Berdasarkan umpan balik yang diterima oleh organisasi, kemudian dilakukan evaluasi terhadap kinerja proses bisnis tersebut. Hasil evaluasi tersebut kemudian digunakan sebagai bahan untuk membuat keputusan tentang strategi berikutnya untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja bisnis tersebut.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2009 in AMIK Ibrahimy, Sistem Informasi

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: