RSS

Kebutuhan akan sistem pendukung keputusan

13 Mar

Sistem pendukung keputusan adalah sistem informasi berbasis komputer yang menggabungkan model dan data dalam upaya memecahkan masalah tidak terstruktur dengan keterlibatan pengguna yang ekstensif melalui antarmuka pengguna yang mudah digunakan.
Sistem pendukung keputusan dibutuhkan ketika berhadapan dengan masalah yang tidak terstruktur. Masalah tidak terstruktur adalah masalah yang tidak terjadi berulang-ulang, tidak selalu terjadi, tidak terprogram, tidak mudah diprediksi, dan informasi tidak mudah tersedia.
Contoh kasusnya adalah ketika pengasuh pondok pesantren dihadapkan pada masalah penuhnya asrama pondok pesantren dengan para santri sehingga memerlukan perluasan wilayah pondok pesantren. Oleh karena itu, pengasuh pondok pesantren tersebut harus memutuskan beberapa hal, diantaranya adalah apakah sedemikian urgent perluasan pondok pesantren tersebut, dimana lokasi yang tepat untuk perluasan wilayah pondok pesantren tersebut, kapan sebaiknya dimulai pembangunan asrama tersebut, dan lain-lain. Sedangkan banyak yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan-keputusan tersebut, diantaranya adalah : apakah animo masyarakat akan tetap tinggi terhadap pondok pesantren tersebut, berapa biaya yang dibutuhkan, dari mana biaya didapatkan, bagaimana desain yang baik untuk asrama tersebut, dan masih banyak lagi masalah yang harus dipertimbangkan.
Oleh karena sedemikian kompleksnya permasalahan yang timbul, maka perlu adanya sistem pendukung keputusan untuk membantu menyediakan informasi untuk pengasuh dalam mengambil keputusan. Informasi yang harus disediakan bisa didapatkan dari internal pondok pesantren, dan dapat juga dari luar pondok pesantren.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Maret 2009 in AMIK Ibrahimy, Sistem Informasi

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: