RSS

Aplikasi Supply Chain Management dan Customer Relationship Management di pondok pesantren

13 Mar

Supply chain adalah : Sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja secara bersama-sama untuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir. Rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah (di bagian hulu) sampai retailer / toko (pada bagian hilir).
Supply Chain Management adalah : koordinasi yang sistematis dan strategis dari fungsi bisnis tradisional dalam suatu perusahaan dan lintas bisnis dalam supply chain untuk keperluan meningkatkan kinerja jangka panjang dari perusahaan dan supply chain secara keseluruhan.
Organisasi pondok pesantren dalam hal ini dapat dianggap sama dengan organisasi perusahaan pada umumnya, dimana pondok pesantren memerlukan organisasi lain untuk melangsungkan proses bisnisnya. Sebagaimana diketahui pondok pesantren adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, maka proses bisnisnya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pendidikan. Oleh karena itu pertama kali harus diidentifikasi produk atau jasa yang dapat dihasilkan oleh pondok pesantren. Produk yang dihasilkan oleh pondok pesantren adalah lulusan / alumni yang nantinya dapat berguna di masyarakat. Selain itu pondok pesantren juga menghasilkan jasa pendidikan yang dinikmati oleh para santri. Dengan demikian customer dapat diidentifikasi sebagai masyarakat yang menggunakan lulusan / alumni, selain itu santri yang bersangkutan juga dapat diidentifikasi sebagai customer.
Penerapan supply chain management di pondok pesantren adalah dengan mendata dan mengorganisasikan data dan informasi tentang organisasi penunjang pendidikan di pondok pesantren tersebut. Organisasi penunjang pendidikan di pondok pesantren tersebut diantaranya adalah :
• Sekolah, madrasah, dan pondok pesantren lain yang juga menghasilkan lulusan yang nantinya mungkin akan melanjutkan pendidikan di pondok pesantren yang bersangkutan. Sehingga dengan mendata sekolah, madrasah, dan pondok pesantren akan menghasilkan suatu jaringan sekolah, madrasah, dan pondok pesantren.
• Penyedia fasilitas-fasilitas listrik, komunikasi, koneksi jaringan internet, kesehatan dan infrastruktur yang lain.
• Penyedia jasa-jasa konstruksi, pemeliharaan infrastruktur, pelatihan-pelatihan personel, dan lain-lain.
Customer relationship management adalah sebuah proses yang kompleks dengan menggunakan media teknologi informasi yang berfokus pada penciptaan pertukaran dua arah dengan para pelanggan sehingga perusahaan mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang kebutuhan, keinginan, dan pola pembelian mereka.
Penerapan customer relationship management di pondok pesantren adalah dengan menjalin hubungan dengan para alumni dan masyarakat yang menggunakan jasa para alumni tersebut sehingga akan mempermudah pondok pesantren dalam memasarkan para alumninya. Selain itu juga untuk dapat tetap mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat terhadap lulusan / alumni pondok pesantren tersebut.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Maret 2009 in AMIK Ibrahimy, Sistem Informasi

 

Tag: , , ,

2 responses to “Aplikasi Supply Chain Management dan Customer Relationship Management di pondok pesantren

  1. yaqinov

    26 April 2009 at 11:15

    Penerapan SCM dan CRM support pada hampir semua organisasi.
    Tentang KMS coba buka link berikut ini :
    http://ronawajah.wordpress.com/2008/03/30/mengapa-membutuhkan-sistem-manajemen-pengetahuan/

     
  2. cipleks

    23 April 2009 at 17:29

    Ass..
    Pak yaqin saya mau tanya… coz q msh agak bingung…
    –> apakah penerapan SCM dan CRM itu support terhadap semua bentuk organisasi? atau hanya organisasi-organisasi tertentu?

    trus ada lagi pak…. mungkin agak menyimpang… tapi gak papa kan pak nanya…
    gini… aku msh bingung dengan konsep KMS(Knowledge Manajemen Sistem).. mungkin Bapak bisa menjelaskan sedikit tentang KMS..? Beda KMS dan SIM? trus contoh KMS dlm sebuah organisasi misalnya pondok pesantren?

    cukup sekian pertanyan dari saya pak.. maaf kalu kebanyakan🙂
    Atas perhatian dari Bapak sya ucapkan banyak terima kasih…

    Semoga Bapak selalu sehat dan selalu dlam naungan Ridho-Nya

    Wassalam…
    syukron m

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: